Minggu, 07 Maret 2010

Efek Rumah Kaca - gigs 2009




Ini kisah Tanya dari awal kenal band bernama Efek Rumah Kaca sampai akhirnya sangat menggilai mereka, gila seperti seorang groupie ERK selama tahun 2009 huehee. Yaaa… note ini adalah review betapa groupie ERK-nya seorang Tanya :D

[x][x][x]

“Yeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee huuuuuuuuuuuuuu……………..
Senang mengabadikan tubuh yang tak berhalang padahal hanya iseng belaka
Ketika birahian juara, etika menguap entah kemana…
Oooooooooooo napsu menderu-deru bikin malu uuuuuu
Oooooooooooo napsu menderu-deru susah maju uuuuu”

Lagu Kenakalan Remaja Di Era Informatika adalah lagu pertama yang buat gue tahu ada band namanya Efek Rumah Kaca. Gue yang saat itu duduk dikelas 3 SMA jurusan IPA, memahami Efek Rumah Kaca sebagai salah satu penyebab menipisnya lapisan ozone, begitulah penjelasan Guru Biologi gue!!
Tapi kalo band bernama Efek Rumah Kaca? Gue gak tau sama sekali. Intinya, bagaimanapun saat itu gue tidak cari tahu banyak tentang band yang bernama ERK, jadi cuma suka biasa aja.


29 Maret 2009 – Indomorvosa, GOR Bung Karno Senayan

HELLO…!!! FYI : Saat itu gue sudah kuliah di UBL, Fakultas ISIP jurusan HI

Indomorvosa adalah acara atau semacam simulasi Pemilu 2009 yang dibuat untuk para pemula yang mempunyai hak memilih. Yang diundang hanya beberapa Universitas (khusus yang mempunyai Fakultas ISIP), dan beberapa SMA di Jakarta. Awalnya gue males banget ikut, karena acaranya hari sabtu. Tapi pas tau ada Efek Rumah Kaca sebagai bintang tamu, gue langsung bilang “PASTI IKUT”. Benar-benar penasaran dengan perform ERK…
Untuk pertamakalinya gue ketemu sama bang Akrom Aco Satoto. eiyaa…tapi saat itu gue belum tau namanya siapa, pokoknya si abang satu itu sedang menjaga stand march ERK. Gue dan teman-teman pun membeli pin ERK, supaya keliatan eksis langsung dipasang di tas hehe.

Dan inilah juga untuk pertama kalinya gue liat perform Efek Rumah Kaca live \m/
ERK membawakan lagu Balerina sebagai pembuka, asli yah… gue yang udah dengan pede-nya diri paling depan, tapi cuma bisa diam karena yang gue tau lagu dari mereka memang hanya Cinta Melulu dan Kenakalan Remaja Di Era Informatika saja. zzzzz MALU!!
Yip…akhirnya ERK membawakan lagu Cinta Melulu dan KRDEI sebagai penutup. senang, akhirnya bisa ikutan nyanyi haha yaaa… udah keliatan banget gue ga up2date.

[x][x][x]

Setelah acara itu…gue minta ke kaka gue untuk download-in semua lagu ERK. Gue langsung ikut group ERK di FB, dan akhirnya tahu kalo panggilan untuk fans ERK adalah Estrada untuk Pria dan Eleniak untuk Wanita, yaaa aku Eleniak hihi. Oyaa…gue add bang Yurie, admin, creator dan semua-semua yang berhubungan dengan grup ERK :D

[x][x][x]

Dua album ERK telah di download. Ohhh God, banyak lagunya yang aneh, bertabrakan dengan musiknya, dan jujur saja ada beberapa metafora yang sama sekali tidak gue mengerti. Tapi gue semakin ketagihan dengar semua lagunya, gue ulang-ulang terus karena lyric-nya selalu buat gue mengangguk-ngangguk. Semua lagu mereka itu menggambarkan Indonesia banget. Inilah seni yang bagus menurutku, kawan… unik, anek, bikin kecanduan untuk terus dengar dan memahami :D

15 Mei 2009 – Pameran, Gunadarma

Dari note Jadwal ERK yang dibuat oleh Bang Yurie, gue langsung semangat ketika mengetahui bahwa ERK akan main di Gundar tanggal 15 Mei 2009. Kali ini gue ga akan cengo lagi, karena gue hapal semua lagu ERK 2 album, dan sudah siap bernyanyi bareng mereka hahaha balas dendam. Untuk pertama kalinya gue cabut kuliah demi menonton band idola hehe maafkan ya, Mama. Gue berangkat sama kaka gue (yang juga cabut kuliah demi adiknya ini, maafkan juga Teh Dini).

Setelah shalat ashar, gue dan kakak duduk di tempat semula dan kami masih setia menunggu ERK perform.
Saat gue menengok ke kiri, gue lihat …. Ehmmm gue ga salah lihat nih *kucek-kucek mata*. Kawan, gue melihat vokalis ERK sedang berbincang-bincang bersama temannya. Gue langsung panic at the disco, cubit-cubit tangan kaka gue, mohon-mohon supaya dia menyapa duluan. Tapi dia kekeuh ga mau. Oke…gue memberanikan diri untuk menyapanya, berjalan 50cm aja udah kayak 50m, merinding boooo.

“ehmmmm maaf, vokalis ERK yah?” tanya Tanya bodoh, yaa saat itu gue pasti terlihat bodoh.
“iya” jawab si vokalis ERK singkat.
“boleh minta foto ga? Aku ngefans banget lo sama ERK” *korban reality show*
“boleh boleh”
*cekrek cekrek*
“ehmm makasi yaa. Oya buka stand ga? saya mau beli kaosnya” speak speak SKSD.
“oh ga ada stand, nanti kebelakang panggung aja, beli sama Aco namanya ya…”
“oh oke, makasi banget ya bang”.

Jangan ketawa tapi ya, saat itu tangan gue langsung pucat, muka juga kayaknya, yang pasti darah gue membeku, dingin campur keringet, kaki gue merinding (please ini ga lebay tapi fakta, yeaaa faktafreaq)
Oke, jadi bagaimana rasanya ketika kamu bertemu orang yang kamu idolai? Atau gebetan kamulah misalnya. Jangan bohong, pasti senang dan berdampak pada system saraf mu kan? Ya seperti itulah kira-kira reaksi tubuh gue hueheee. Tapi ga mau gue dipublish ah, gue nya jelek banget, edannnnnnnn……. merinding, sangat kaku gayanya ga karuan hahhaha.
Setelah ber-foto ria, vokalis ERK pergi dari tempat duduknya, mau siap-siap mungkin yah. Dan gue langsung sibuk menggosipi sang vokalis ERK bersama kaka gue. Membicarakan wajahnya yang cool, dan mencerminkan seorang pria yang shaleh, itu karena air wudhu masih membekas di wajahnya, dan gue sangat meleleh dibuatnya :D hahhaa

Balik lagi, finally…ERK berada diatas panggung. Seperti yang sudah gue katakan, kali ini gue bisa nyanyi bareng, gue udah hapal, dan kami bernyanyi non stop 8 lagu. Angin pun ikut bernyanyi ketika Desember menjadi lagu penutup, perfecto sekali. Dan gue semakin cinta ERK.
Para penonton berhamburan minta foto sama ERK, termasuk gue hhe. Oya drummer-nya ERK memuji kaos ku, katanya bagus, ahahaha asoy. Pikiran yang langsung muncul adalah, “ternyata bukan hanya vokalis-nya yang baik, tetapi drummer-nya juga, oya bassis-nya juga” SEMUANYA!


Niat utama adalah membeli march ERK, sehingga untuk kedua kalinya gue bertemu bang aco, terus gue minta nama FB-nya supaya lebih update :D
Yip! Yip! Rasa puas melekat terus setelah pulang dari gundar. Segudang cerita itu gue sebarkan ke mama, teman, dan semuanya yang belum tahu ERK. Mulai saat itu gue disebut “promoter ERK (di kalangan teman kampus)”. Tak bohong, tak lebay, tapi gue paling suka jika teman sudah bertanya “ERK apa sih?” “lagunya emang enak?” “baik-baik ga orangnya?”. Woooo… hanya sedikit koma dan titik yang akan ada di cerita gue itu :D

[x][x][x]

Pulangnya, gue langsung add bang Akrom Aco Satoto.
Hemmm setelah akhirnya di confim, gue mulai tahu banyak tentang ERK. Nama vokalisnya, bassis-nya, dan drummer-nya.
Iya gue kan pelupa, jadi waktu vokalis ERK mengenalkan nama saat perform di Gundar gue lupa aja gitu nama-nama mereka. Akhirnya diketahui bahwa nama vokalisnya Cholil Mahmud, bassisnya Adrian Deh, dan drummernya Akbar alias Bang Mass.
Upssss yang ini tidak boleh dilupakan, waktu buka profile Bang Aco gue lihat ada salah satu wall dari seorang wanita memakai baju bergambar wajah Cholil CS, bernamakan Erk Aisya Khairunnisa, isi wallnya begini “bang, ERK ga ada habisnya tuh dipuji-puji”.
Entahlah gue langsung semangat add aisya, gue pikir dia mungkin juga salah satu crew nya. Hehe tapi bukan, asiya adalah eleniak yang buat gue kenal lebih dekat dengan ERK. Gue dan Aisya wall-wallan terus sampai akhirnya sekarang seperti adik dan kakak. Ini sebuah pertanda atau apa yah? Kami bisa sedekat ini karena ERK 

5 Agustus 2009 – Launching Single Balerina, Aksara studio

Yip! Yip! Gue sukses melobi Aisya buat dateng ke acara Launching Single Ballerina (sukses membuat ia mabal, dan ketagihan sepertinya HAHA). Untuk pertama kalinya gue bertemu dengan Aisya Khairunnisa. tunggu, gue mau deksripsikan Aisya. Ia seorang wanita unik, gayanya berbeda, cuek, supel, asik lah diajak ngobrol dan sharing-nya. Jujur, ia bahkan lebih shaleh dari gue, secara tidak langsung dia memotivasi gue untuk terus berkerudung  thanks aisyaaaaa….

Di acara ini, untuk pertama kalinya bertemu Bang Yurie, Bang Syahril Firmansyah, dan Bang Arief. Lalu gue bertemu Bang Bin yang gue tahu nama dia adalah C’mon Lennon, ia mengajak kami masuk kedalam untuk makan, ramahnyaaaaa. Bertemu Bang Aghi Narottama, Bang Aldo Sianturi, Bang David, disitu juga ada Ade Paloh dan Mondo dari SORE, Ale Whiteshoes, Tika, dll. Mereka semua tidak seperti artis, seperti orang biasa saja, I like them so much, they are so simple person.

Kesan di launching Balerina ini, yang tak bisa dilupakan adalah saat gue sedang berdiri—dikarenakan tempat duduknya penuh, Bang Adrian bangun dari tempat duduknya, ia lalu menghampiri gue dan menawarkan “mau duduk? Duduk disitu aja” sambil menunjuk tempat duduk yang ia tempati tadi.
Gue cuma bisa bilang “makasih bang, gapapa berdiri aja”
“ohhh takutnya pegel daritadi berdiri”
“hihi ga kok.” Lagi-lagi gue meleleh. Bagaimana tidak ya? Sikap baik mereka itu loh, tidak dibuat-buat, tulus dan apa adanya ( kayak lagu? -.-‘ ). The best for Bang Adrian, pria baik berhati lembut, tulus dan apa adanya (lagi), hummmm suka sekali dengannya.

Aisya mengambil alih, ia mengajak ngobrol bang Adrian, bertanya-tanya bagaimana kondisi matanya. Saat itu gue baru tahu kalau bang Adrian mempunyai penyakit pada sebelah matanya. Ia bilang sedang pengobatan terapi aja… oke semoga lekas sembuh bang adrian, sedih asli T.T

Ahyaaa…Beberapa jam menjelang acara selesai, Aditya Dewi Hapsari bersama pacarnya Ganesha Putra datang. Untuk pertama kalinya juga gue bertemu mereka 

*sedikit arti dari lagu dari Balerina :
BANG CHOLIL SAYS :
“Ballerina itu menceritakan tentang… bisa tentang balet, juga bisa tentang kehidupan. Jadi ini analogi kehidupan kita seperti penari balet. Kadang2 kalo lurus-lurus aja, ga seru. Kalo carut marut terus-terusan juga repot. Pengenya seimbang, jadi lagu tentang keseimbangan seperti penari balet. Ini lagu yang paling ceria yang pernah Efek Rumah Kaca buat. Ini Sangat mayor dan lebih update lah…hahaha!!”

[x][x][x]

ERK on air on Trax FM

Sang penyiar bertanya, bagaimana pendapat ERK tentang pembajakan yang merajalela di Indonesia?

Sebentar, sebelumnya pertanyaan macam ini sudah sering sekali diberikan kepada band-band di Indonesia, dan jawaban mereka standar-standar saja. Tapi yang ini berbeda, kawan…
Jiwa gue terguncang saat bang Cholil menjawab : “dari kecil, kita sudah biasa dengan pembajakan. Bahkan guru kita sendiri menyuruh foto copy buku, apakah itu namanya bukan pembajakan? Jadi susah juga sih kalo mau memberantas pembajakan. Sekarang gini aja, KALO LO SUKA, LO PASTI BELI ALBUM ORIGINAL BAND YANG LO SUKAI.”
Sebuah jawaban yang tidak menggurui, tapi menampar gue tanpa rasa sakit, melainkan menimbulkan rasa sadar. Tanpa berpikir panjang, gue menabung untuk membeli dua album ERK 


17 Agustus 2009 – RAMERAH, Kandang Jurank Doank

Cukup mengalami guncangan dilemma bersama Aisya karena memikirkan datang atau tidak ke acara ini, berhubung baru dimulai acaranya adalah jam 7 malam dan berakhir jam 12 malam, begitu yang tertera di run down-nya -.-
Tapi dengan niat tulus dan baik, yaitu mau memberikan buku bekas untuk disumbangkan, kita berdua nekat dateng ke acara Ramerah. Oya alasan mau kasih buku untuk anak yang kurang mampu adalah alasan gue supaya dibolehkan pergi sama Ayah hehehehehe… (BTW, thanks aisya bukunya)

Semua band Aksara Records main disini. The Adams, Sore, Whiteshoes, Goodnight Electric, Pasukan Lima Jari, Ape On The Roof dan Efek Rumah Kaca tentunya.
Kalau ada award “event atau acara apa yang paling tak bisa dilupakan di tahun 2009?” gue pasti jawab, yaitu acara RAMERAH. Setelah menunggu dari jam 7 malam, dengan sukses si panitia membuat kami gelisah karena dengan sengaja menaruh ERK di akhir acara, ehmm jam 12 malam kurang lebih ERK baru perform -.-. Tapi mereka juga sukses membuat gue senang karena gue bisa nyanyi sebelah bang cholil. Samping dia banget. Whoaaaaaaaa senangnya! \m/

Mantap yang kedua adalah, Pengalaman banget bawa motor jam 1 malam sendiri. Dan pulangnya langsung mimpiin bang Cholil. Iyaaaa gue nyanyi deket dia, persis deh cerita di mimpi kayak asli-nya HAHA!


13 September 2009 – Buka Puasa Bareng, Demajors

FYI : kawan, saat itu gue sudah beli dua album ERK :D *bangga, terharu dan senang* (please, ini juga ga lebay, asli saya senang hahha)

Untuk pertama kalinya bertemu Andini Pratiwi Nasution dan teman-temannya.

Sayang sekali, bang Adrian tidak bisa datang karena sakitnya sedang kambuh. Alhasil acara akustikan pun diganti dengan diskusi kecil-kecilan tentang musik religi sampai ke hal-hal yang lebih religi nya banget. Gue terkagum-kagum karena jawaban Cholil dan Akbar sangat berbeda dari kebanyakan band.

8 Oktober 2009 – Universitas Sahid

Untuk pertama kalinya bertemu dengan Fadly Permana. hemmm yaa sepertinya dia kapok jalan sama gue sebagai Kompas, karena gue BAWEL dan nyasar melulu, maaf yaa 
Pulang-pulang diomelin karena Ayah bosan melihat gue pulang malam dengan alasan yang sama yaitu “ada acara dari kampus”. Dosa banyak deh gueee….


8 November 2009 – Aksi Damai Dukung KPK, Bundaran HI

Ini yang gue suka kawan, gue lebih suka Aksi Damai daripada Demo atau Unjuk Rasa. Aksi Damai ini diadakan sebagai wujud rakyat untuk melawan korupsi. Sekaligus sebagai wujud bahwa rakyat menjadi CICAK – Cinta Indonesia Cinta KPK.
Untuk pertama kali melihat Mbak Irma Hindayana, Istri dari Bang Cholil. Ibu muda yang saat itu sedang hamil tua, tapi masih bisa aja gitu orasi dengan semangat, hemmm yaa semangatnya musti di tiru tuh…

Kesannya seru banget : Berpanas-panas ria megang banner, menyorakkan semangat anti korupsi, bertemu banyak aktivis, dsb, dsb, dsb.
Seminggu berlalu, gue baru tahu dari Aisya kalo ada video Mosi Tidak Percaya di bundaran HI bertemakan aksi damai Indonesia bebas korupsi, tidak menyangka kalo ternyata gue dan Aisya adalah salah satu model video klip itu, walaupun kalo gue yang keliatan cuma setengah kepala, tapi lucu juga hahaha.

16 November 2009 — j@k stuff, Atrium

Saat itu gue dan aisya sebal -.- Sampai di atrium pukul 14.00, tidak tahunya ERK main jam 18.00. rrrrrrr akhirnya berdiam diri di kfc selama kurang lebih 4 jam hehehe jadi malu.
Tapi akhirnya sebalnya hilang karena bertemu banyak Estrada dan Eleniak disini. Dani Arsenikum, Safar Ahmad, Andiny Pratiwi Nasution, Cantigi Fajar Pagi, Muhammad Ilyas, Winardi Eka Saputra, Riyan Kurniawan, dll….

Lagi lagi pulang malam, jam 10 malam naik bus patas di senen. Duhhhh bandelnya Tanya :D

29 November 2009 – Aksi Damai Dukung KPK (II), Bundaran HI

GAGAL. Karena oknum tidak jelas yang sirik acaranya gagal.

7 Desember 2009 – LA Lights, Universitas Budi Luhur

Yeeeeee huuuuuuuu…. siapa yang ga senang kalo band idola nya datang ke kampus sendiri. Walaupun setelah berlelah ria pulang dari puncak, gue semangat masuk kuliah demi ERK, sementara teman-teman gue geleng-geleng kepala haha.
Gue nemenin abang-abang 4 sekawan itu di kantin. Dan mengobrol kurang lebih hampir 3 jam. Ngobrol sama Bang Yuri tentang banyak hal, dan buat gue kagum sama ERK juga para Crew nya. Rawwwwwwww AWESOME!!!!
Too much yang diobrolin…

Dari mulai ingin bikin fans club. Tentang nama Estrada+Eleniak. Pengen ngadain Acara social. Tentang lagu-lagu. Konser tunggal. Nama ERK yang menjadi beban tersendiri sebenarnya, sehingga sifat personil ERK yang harus bertanggung jawab akan nama mereka. Bang Cholil, Adrian, dan Akbar yang berusaha berhenti merokok. Menolak menjadi Duta penghemat listrik karena mereka merasa mereka pribadi pun masih boros listrik. Lalu personil sampai crew ERK yang saat peluncuran lagu Kenakalan Remaja Di Era Informatika mengadakan razia barang elektronik untuk memastikan tidak ada video mesum hahaha. Kemudian bang yurie bercerita tentang kesederhanaan personil dan crew yang kalau perform di luar kota tidak meminta macem-macem dari panitia, cukup tempat inap biasa yang penting bisa shalat, tidur, makan. Tentang sakitnya bang Adrian. Terus sampai pengen buat acara membedah lagu-lagu ERK (itu maunya gue banget hehe, berhubung liryc mereka kaya akan metafora), dan bercerita sebagainya sebagainya.
RAWRRR…. Efek Rumah Kaca beserta crew-nya AWESOME yaa…. Kesederhanaan nya musti di tiru banget…

[x][x][x]

15 Desember 2009 – LA Lights, Universitas Pembangunan Nasional

Penutup perform ERK di tahun 2009 adalah datang ke acara LA Lights di UPN. Acara yang sama seperti di kampus UBL dan UP. Pertama kalinya bertemu dengan Merry Mareta Damanik 


Itulah sekiranya yang ingin saya ceritakan pada kalian semua. Tahun 2009 adalah tahun dimana saya mengenal musik indie Indonesia yang pintar dan ciamik. Mengenal orang-orang yang pintar, baik hati, kreatif. Menyenangkan sekali kenal Efek Rumah Kaca…

Dan kalian yaitu Estrada dan Eleniak
Mulai dari kenal aisya sampai akhirnya kenal ….
Ehmm kenal….
Whoaaaa… ada 100 estrada+eleniak yang gue kenal sampai sekarang... Banyak banget! Semoga bisa tambah yaa..
Gue ngerasa kita udah kayak saudara aja gitu. Kalian seru banget, dari mulai yang kalo comment poto bejibun, rebutan bang cholil atau bang Adrian atau bang akbar, ngegosip, sampai sharing tentang hal-hal diluar ERK, seneng deh jadi punya banyak teman dari luar kota, kalian pintar semua jadi nambah info buat gue yang masih minim hihihi.
Love you yaa all…. *hugs*

Banyak hal positif yang harus lo ambil ketika lo suka pada sesuatu. Menyukai ERK adalah sesuatu yang dapat gue ambil hal positifnya. Walaupun sering kali gue harus diomelin karena pulang malam demi datang ke gigs ERK, atau cabut kuliah, atau diledekin groupie sama teman-teman, tapi itu ga sebanding dari apa yang gue dapat dari ERK. Too much ya kalo gue urutkan apa aja, takut dibilang lebay juga hehehe….


salam di Udara, always tanyaaaaaa…..

2 komentar:

leave comment