Sabtu, 29 Mei 2010

Menjadi Indonesia (menurut saya)




Waktu ikut seminar LA Light di kampus gue—Universitas Budi Luhur, dimana ERK sebagai bintang tamu, gue bertanya “apakah ERK ingin mengadakan bedah lagu? Karena liryc kalian yang kaya akan metafora, sehingga banyak yang tidak mengerti maksud dari liryc lagu kalian.”
Cholil Mahmud sang vokalis menjawab “kami ga pernah melarang orang mengartikan lagu kami apa, tapi kami punya arti sendiri dari masing-masing lagu. Jadi ga masalah kok orang mau memberi arti apa dari lagu-lagu kami”
Gue teramat sangat tidak suka lagu-lagu Radiohead, kalau banyak orang menyukai ERK karena mereka suka Radiohead, gue tidak sama sekali. hanya beberapa lagu Radiohead saja yang gue suka :D
Alasan mengapa gue sangat menggilai ERK adalah karena Lyric-lyric mereka. Aneh, Reality, Indonesia banget, dan sangat Hidup.
Kalau akhirnya Cholil bilang terserah mengartikan lagu-lagu mereka, inilah arti menurut gue dari beberapa lagu mereka :)

MENJADI INDONESIA

Ada yang memar kagum bangga ku
Malu membelenggu
Orang-orang Indonesia (yang muda maupun tua) tidak ada rasa bangga atau kagum terhadap Negara-nya sendiri. Malu menjadi gambaran mayarakat Indonesia terhadap bangsanya sendiri.

Ada yang mekar serupa benalu
Tak mau temani mu
Sebagai metafora para pemimpin yang hidupnya penuh kemewahan. Tetapi mereka seperti Benalu, mahluk yang hanya merugikan. Tidak mau menemani para rakyat kecil, tidak mendengarkan aspirasi rakyat-nya.
Ada yang runtuh, tamah ramahmu
Beda teraniaya
Indonesia sekarang masih dijajah oleh Negara lain (dengan cara diluar perang), lalu dimana derajat kita sebagai Bangsa besar? Yang seolah tak punya tamah ramah

Ada yang tumbuh, iri dengkimu
Cinta pergi kemana?
Seolah tidak ada lagi cinta antara Rakyat Indonesia. Tidak ada rasa saling mengasihi satu sama lain (antar suku maupun agama).

Lekas,
Bangun dari tidur berkepanjangan
Menyatakan mimpimu
Cuci muka biar terlihat segar
Sebuah persuasive atau ajakan terhadap rakyat Indonesia untuk segera bagun dari tidur, mewujudkan segala mimpi-mimpi yang terpendam.

Merapihkan wajahmu
Masih ada cara menjadi besar
Memperbaiki citra Indonesia dengan banyak cara positif untuk menjadi besar dimata Dunia
Memudakan tuamu
Menjelma dan menjadi Indonesia
Banyak cara untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara yang dapat berdiri sendiri, tanpa harus ketergantungan dengan Negara lain. Menjadikan Indonesia yang sesungguhnya kelak


Menjadi Indonesia adalah salah satu lagu favorite gue dari album ERK – Kamar Gelap. Terkadang ketika mendengar nya gue sebal, karena merasakan hawa Indonesia yang penuh dengan kegelapan politik, dan sebagai anak politik gue selalu merasa pesimis. Tapi apapun memang harus diambil positif-nya bukan? Sehingga lagu Menjadi Indonesia ini menjadikan dorongan untuk gue, untuk terus merubah Indonesia menjadi baik. 

4 komentar:

  1. and love your post , darl! great! :)

    BalasHapus
  2. thankyou so much ratna yang suka corat coret tulisan yang sangat bagus :))

    BalasHapus
  3. lirik lagu yang lain di ulas juga dong. request Melankolia

    BalasHapus
  4. @Rohmad : just wait. melancholia for you... thanks for reading my post...

    BalasHapus

leave comment